Bayangin Kalo Komputer LO ke FORMAT=Nasib Gw

well, gw ga tau siapa yang harus di salah kan..pecahkan saja gelasnya, piringnya, biar ramai (ga tau, tiba2 terlintas kata2 jadul ini :D )

gini kronologisnya:
komputer gw lagi di pake nih. normal2 aja. terus, berhubung gw mau benerin laptop kk gw pke linux, pasti gw masukin recovery cd linux acer aspire one. mau bikin USB recovery. yah, buat yang ngerti pasti tau, buat yang ga, skip aj :)

terus, gw udah selesai ceritanya. cd itu ga gw kluarin, krn gw buru2. udah mau berangkat ke party nya Mutiara Ramadhini. matiin deh tuh komputer dgn posisi cd linux yang bisa booting itu masih di dalem..

singkat cerita, gw smpe mlm kn partynya muti. lagi acara gt, tb2 kk gw telpon. krn berisik ddlm maupun di luar, gw blg sms aj. yaudah. dia nanyain komputer knp. ga bisa mati. pikiran gw saat itu:

1. paling gara2 cd linuxnya jadi ga bisa masuk windows (gw auto-booting CD di BIOSnya)
2. ga ngerti cara matiinnya

well, akhirnya gw kasih tau, tahan tombol power 10 detik. pasti mati

gw si tenang2 aj di tempatnya muti.pulang nebeng karizki.dan sampe rumah lgsg nanya:

"komputer knp nit?"

kata dia ga bisa. cm muncul tulisan acer aspire one doank.

gw nyalain kompi. sebagai seseorang yang cukup ahli (gw ga bilang jago yah.cuma bilang cukup ahli :) ), gw nyoba benerin. 1st nyalain, masuk acer aspire one. "ah, paling gr2 di blm di kluarin cdnya". kluarin, restart lg. wait.....
...
ada tulisan acer aspire one lg
hmmm..knp ini? mampus aj kl smpe ke format>>>udah mulai waspada..

trs booting lewat windows live CD, buat ngecek HDD. ga ke baca disitu.aneh. padahal di BIOSnya udah kebaca.

gw interogasi kk gw, "td ngapain aj emg pas ada cdnya masuk?"
dengan sangat merasa tidak berdosa, dia bilang:

"ga tau. tadi mbak nita oke2in aja.."


WHAT??? itu berarti........
NGEBUAT HDD GW JADI RECOVERY TOOL BUAT ACER ASPIRE ONE atau, NGEFORMAT SMWNYA!!!

hmm..udah deh..nasi udah jadi bubur.. es udah mencair..udah ga bisa di apa2in lagi..smw data2 ILANG...

========================
well, start new life, Adi..
akhirnya gw ganti OS. tadinya Windows XP SP2, sekarang beralih ke linux: gOS (Good OS)


===========================
beberapa tips dari gw,supaya ga senasib sm gw:

1. BACKUP SEMUA DATA PENTING!
ini wajib bgt. usahain jangan di HDD (misal partisi 1 2 3)..tapi di media lain! DVD atau flashdisk. klo lo orang berduit, beli langsung External HDD. langsung copy smw data penting+pribadi

2. JANGAN BIARKAN BIOS NGESET AUTOBOOTING CD/DVD DRIVE!!
jadi, set bionya jangan yang auto booting cd/dvd.nnti kasusnya kaya gw, ada yang ga ngerti, asal klik aj dia. huff.. klo mau booting, save. kalo udah, di ganti lagi urutannya

3. SELALU KELUARKAN DVD SEBELUM MEMATIKAN KOMPUTER
well, kaya kasus gw di atas. lebih baik, keluarin smw cd/dvd di drive lo. ok?

itu aj..salam

2 comments:

arcAngel said...

di, sabar yah,
oke, jadiin pelajaran.. ;)

banzai!! ;)

_m@tR1x_ said...

ok..pelajarannya, minta beliin pacar Ext HDD :D:D:D
kidding